Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 356
Tuesday, August 27, 2013

Masyarakat Butuh Pendidikan Politik

Diposting oleh: 
Editor

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah diminta untuk membuat paket program pendidikan politik bagi masyarakat. Hal itu diyakini bisa mengembalikan tingkat partisipasi publik dalam pemilihan umum.

“Pemerintah harusnya membuat program paket pencerdasan pemilih, karena itu tugas negara. Kewajiban pemerintah. Tidak bisa serta merta menyerahkan sepenuhnya pendidikan politik kepada parpol,” ujar Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Sebelumnya diberitakan, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meminta kepala daerah untuk meningkatkan peran dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2014, dengan mendukung penuh kebijakan Komisi Pemilihan Umum. Peran maksimal kepala daerah diperlukan sebagai upaya peningkatan kembali partisipasi publik dalam pemilu, mengingat tren penurunan partisipasi pemilih yang terus terjadi dalam tiga pemilu terakhir.

Pada pelaksanaan pemilu Tahun 1999, tingkat partisipasi pemilih mencapai 92 persen, pemilu 2004 menjadi 84 persen, dan terus menurun pada pemilu 2009 dengan hanya 71 persen pemilih. Tren penurunan tingkat partisipasi pemilih juga terjadi pada perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

Dalam konteks membangun demokrasi yang sehat, kata Agun, pemilu akan berkualitas kalau angka golputnya rendah. Dengan demikian, tingkat legitimasi dari sebuah pemilihan akan semakin baik. “Seseorang yang menggunakan hak pilihnya, dia lah yang berkepentingan secara langsung dalam mekanisme demokrasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta publik untuk mendalami pengetahuan terkait perkembanan politik terkini. Sebab, hal penggunaan hak pilih dalam pemilu atau pemilukada akan meningkatkan kualitas demokrasi negara. (A-196/A-26).***

sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/248329

Skip Comments

Add new comment

Back to Top