Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 272
Tuesday, February 18, 2014

Komisi II DPR dan KPU Tinjau Percetakan Surat Suara

Diposting oleh: 
Editor

Rombongan Komisi II DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik, bersama meninjau langsung percetakan surat suara DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu Legislatif tahun 2014 di PT. Gramedia Kompas Jl. Palmerah Selatan, Jakarta Selatan, Senin (17/2).

Agun mengatakan, kali ini Komisi II melakukan kunjungan spesifik yang keenam untuk melihat secara langsung proses percetakan surat suara secara nasional. Tujuannya adalah mengecek apakah proses percetakan surat suara itu bisa dijamin, apabila muncul sengketa di pengadilan seperti yang lalu-lalu, dimana hakim tidak bisa membedakan dimana yang asli dan yang palsu, berarti kualitas pencetakannya tidak baik.

Agun mengatakan untuk prinsip yang pertama dalam menghindari monopoli hasilnya baik, dimana dalam pembagian 15 paket dibagi dengan berbagai perusahaan, kemudian percetakan kardus kotak suara dan bilik suara diserahkan ke KPU, berarti tidak ada lagi monopoli. KPU daerah memiliki kewenangan, menyangkut distribusi lebih mudah karena menjadi terlokalisir.

“Dari sementara yang telah kita cek berkenaan dengan kondisi logistik kami sangat optimis, tidak hanya ada di Jakarta tapi juga di daerah yang sudah kami kunjungi langsung. Dan pada prakteknya mereka semuanya memiliki pengalaman kompetensi di bidang pencetakan surat suara,” ujar Agun.

Agun menambahkan, KPU sudah membuat kebijakan harus ada penomoran register surat suara, termasuk kode-kode tertentu, yang tujuannya apabila dibutuhkan di pengadilan bisa dibuktikan. Dari persentasi yang disampaikan di PT Gramedia, rupanya Gramedia memiliki mekanisme sistem distribusi yang dapat memberi garansi, jaminan bahkan bisa mempertanggungjawabkan, ini punya (produksi) Gramedia atau bukan.

Sedangkan Ketua KPU Husni dalam jumpa pers mengatakan, untuk surat suara sudah dibuat pencirian, dari segi pengamanan sudah dibuat berlapis, ada penandaan dalam bentuk nomor registrasi.

Pihak PT Gramedia Hari Susanto, bagian group printing, mengatakan secara overall paket empat yang dicetak Gramedia sudah 60% tercetak sedangkan pendistribusiannya sudah 45%, dimana pendistribusiannya ke Kalimantan Barat, Jawa Barat sebagian dan Banten.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top