Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 256
Tuesday, February 25, 2014

Ada UU ASN, SDM Lokal Kompeten Bisa Berkarir Maksimal

Diposting oleh: 
Editor

Senin 24 Februari 2014, MPR RI menggelar acara “Empat Pilar Goes To Campus” di Universitas Galuh (Unigal) Ciamis Jawa Barat. Pada program talk show tersebut hadir Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa, yang juga merupakan Ketua Tim Kerja dan Sosialisasi Empat Pilar DPR RI sebagai narasumber dari MPR RI.

Dalam acara yang pada kali ini bertemakan tentang UU Aparatur Sipil Negara (ASN),  Agun menyampaikan bahwa sosialisasi empat pilar di Unigal ini didasari atas kondisi pasca di-sah-kannya UU ASN maka konsekwensi kebutuhan SDM (sumber daya manusia) di tingkat lokal (daerah provinsi dan kabupaten/kota) pada instansi negara menjadi sangat tinggi kompetensinya.

Oleh karena itu Agun berharap perguruan tinggi lokal baik negeri maupun swasta dapat benar-benar sanggup mempersiapkan SDM yang memadai sesuai UU ASN tersebut. Karena dinas-dinas teknis di pemerintahan lokal sudah tidak mungkin lagi di-isi oleh sembarang rekrutmen seperti yang sekarang ini terjadi.

Kedepan hal itu sudah “dipangkas” oleh UU ASN yang dalam ketentuan rekrutmen dan promosi jabatan mempersyaratkan kompetensi keahlian, pendidikan dan rekam jejak yang sesuai dengan jabatan yang akan di-isi. Dimana kesemua prosesnya itu dilaksanakan oleh Komisi ASN (KASN) secara independen.

“Kalau semua universitas baik negeri maupun swasta mampu menyediakan SDM-SDM yang sesuai dengan UU ASN untuk menjabat pada posisi-posisi pelayanan publik tersebut maka potensi-potensi lokal akan tumbuh berkembang dengan maksimal untuk kesejahteraan masyarakat lokal itu sendiri.” Ujar Agun memastikan.

Untuk itulah “Empat Pilar Goes To Campus” hadir dengan nilai filosofi keadilan dan kesejahteraan, sehingga dapat memastikan bahwa seluruh kebijakan negara (dalam hal ini UU ASN) benar-benar untuk kepentingan rakyat yaitu pelayanan publik yang lebih cepat, lebih pasti dan lebih bersih.

“Saya sebagai wakil rakyat Dapil (daerah pemilihan) Jawa Barat X, sekaligus juga sebagai Anggota Dewan Pembina Unigal sangat berkepentingan untuk mengingatkan dan mensosialisasikan kebijakan negara ini (UU ASN) yang memberikan kepastian dan harapan bagi putra/i bangsa terbaik di sini (Dapil Jabar X) untuk bisa berkompetisi meraih posisi terbaik di instansi-instansi negara, dan berkarir di tingkat lokal maupun pusat, karena UU ASN menjamin itu semua.”ujar Agun mantap.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top