Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 266
Wednesday, February 26, 2014

Mahasiswa/i Punya Tanggung Jawab Moral Mewujudkan Pemilih Cerdas

Diposting oleh: 
Editor

Partisipasi mahasiswa sebagai social control di masyarakat pada proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2014 nanti harus berada di posisi paling depan. Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, Bc.IP., MSi., saat memberikan kuliah umum di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (STISIP) Bina Putera Banjar, Sabtu (22/02/2014).

Lebih lanjut Agun mengingatkan, bahwa mahasiswa adalah agen perubahan dan kekuatan moral yang memegang peran utama dalam cerita sukses penyelenggaraan hajat demokrasi nasional yang menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan melalui Pemilu.

“Mau tidak mau, siap tidak siap, mahasiswa harus berperan aktif untuk mengikut sertakan seluruh elemen bangsa dalam membangun pemahaman “Pemilih Cerdas” di masyarakat demi Pemilu berkualitas,” tegasnya.

Menurut Agun, peran aktif mahasiswa sebagai partisipasi bisa dengan menegur, menindak, serta melaporkan siapapun warga Negara Indonesia yang menjadi korban atau pelaku dari pelanggaran Pemilu ke pihak yang berwenang dalam Pemilu.

Karena, mahasiswa memiliki kemampuan intelektual untuk memahami aturan perundang-undangan yang berlaku, serta tanggung jawab moral sebagai pewaris dan penerus masa depan bangsa ini.

“Saya menyampaikan kuliah umum ini tematiknya lebih fokus pada “Pemilih Cerdas”, bukan hanya slogan, tapi lebih mengarahkan kepada masyarakat dalam memilih pemimpin itu harus bisa mencerminkan nilai-nilai keteladanan dari lagu yang berjudul “Bangun Tidur" ciptaan Ibu Sud, yaitu nilai kedisiplinan, kebersihan , kejujuran , berbakti kepada Ibu (orang tua) dan tanggung jawab” kata Agun.

Sementara itu, Wawan, salah seorang peserta dari mahasiswa STISIP BP Banjar jurusan Ilmu Pemerintahan, mengaku, kuliah umum seperti ini jarang disampaikan langsung oleh politisi di lapangan.

“Saya sebagai mahasiswa merasa terpanggil dengan materi yang disampaikan oleh Pak Agun. Memang peran kritis dan aktif mahasiswa sangat diperlukan untuk pengawasan Pemilu,” kata Wawan.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top