Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 363
Tuesday, March 11, 2014

Komisi II Desak Kemenkeu Soal Dana Mitra PPL

Diposting oleh: 
Editor

Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa mendesak Menteri Keuangan untuk mengeluarkan kebijakan untuk mengeluarkan anggaran untuk dana Mitra Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

"Kita sudah mengirimkan surat, mudah-mudahan sebelum reses pimpinan dewan sudah menandatangani dan mengirimkan ke Menteri Keuangan," ujar Agun saat ditemui usai kunjungan kerja persiapan pemilu di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (10/3/2014).

Ia menyatakan Komisi II menganggap penting pengawasan pemilu sehingga perlu adanya Mitra PPL. Karena kondisinya saat ini PPL kurang optimal dalam mengawasi TPS karena 1 PPL bisa ditugasi mengawasi 3-5 TPS. Bahkan Agun menyebut ada PPL yang harus mengawasi 1 desa.

Putusan soal anggaran Mitra PPL tersebut menurut Agun seharusnya sudah final. Sehingga ia pun gusar alasan pemerintah menolak anggaran tersebut dengan alasan tidak ada payung hukum.

"Pemerintah kan punya kewenangan untuk mengeluarkan Perpres atau Perpu. Jangan jadikan alasan untuk tidak bisa mengeluarkan ini. Karena itu kami mendesak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan untuk melakukan kebijakan mengeluarkan anggaran untuk para Mitra PPL," tuturnya.

Ia menyatakan, kebutuhan dana untuk Mitra PPL ini sudah masuk tahap kritis apalagi pemilu hanya tinggal dalam hitungan pekan.

"Kan pemerintah ada dana cadangan. Kalau melihat ini sudah di titik kritis, apa mau dibiarkan?," katanya.

Agun justru menuding pihak-pihak yang tak setuju dengan penganggaran dana Mitra PPL ini adalah orang-orang yang memiliki motof jahat. Yang ingin pemilu tidak berlangsung jujur dan adil.

"Siapa yang tidak setuju adalah orang yang jahat yang ingin bermain tidak jujur. Mau menang dengan cara curang. Siapa yang mengawasi TPS, apa cukup 3 orang mengawasi 1 desa. Apa bukan masalah? Masalah besar luar biasa, ini menunjukkan pemerintah tidak serius dan tidak pro demokrasi," tuturnya.

Meski waktunya tak banyak, namun Agun yakin Bawaslu telah menyiapkan relawan-relawan yang nantinya akan menjadi mitra PPS.

Skip Comments

Add new comment

Back to Top