Agun Gunandjar Sudarsa

Untuk DPR Bersih dan Indonesia Lebih Baik
Total votes: 137
Tuesday, February 23, 2016

Agun Gunandjar Ungkap Sembilan Syarat Munas Golkar Berkualitas

Diposting oleh: 
Editor

Jakarta - Politikus Partai Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa, menyatakan, gelaran Musyawarah Nasional (Munas) yang akan datang, harus menjadi momentum kebangkitan Partai Golkar. Untuk bisa mencapai hal tersebut, ada sejumlah syarat dan kondisi yang membuat Munas bisa berjalan adil serta berkualitas.

"Ada beberapa persyaratan tehnis yang wajib diperhatikan," kata Agun, Minggu (14/2).

Menurutnya, syarat pertama adalah kepanitian Munas yang menjamin kejujuran dan tidak memihak. Kedua, kata Agun, memastikan agenda, materi dan tata tertib yang transparan, partisipatif dan akuntabel sesuai AD/ART Partai Golkar.

Untuk syarat ketiga, kata dia, mengakui kepesertaan dari DPD Golkar Riau sebelum konflik terjadi, terkecuali yang bermasalah melalui Musda lebih awal. Keempat, teknis dukungan calon ketua umum sebesar 30 persen dilakukan melalui pemungutan suara, bukan surat dukungan tertulis.

Sementara untuk syarat kelima, memastikan bakal calon ketua umum harus lulus verifikasi PDLT sebagaimana diatur dalam AD/ART Golkar melalui formatur yang lebih awal pembentukannya.

"Untuk syarat keenam, formatur harus mencerminkan kekuatan riil partai, baik struktur maupun ormas yang mendirikan dan didirikan. DPP Golkar dibentuk oleh Munas, oleh Ketum terpilih bersama-sama Tim Formatur," tegasnya.

Ketujuh, sebelum proses pencalonan, diadakan uji publik melalui debat kandidat di hadapan peserta dengan melibatkan publik/pengamat. Kedelapan, masing-masing calon tidak melakukan "politik uang" selama perhelatan munas berlangsung.

"Kesembilan, ini merupakan syarat terakhir namun sangat penting, yaitu memastikan siapapun calon ketua umum yang maju untuk siap kalah dan siap menang," tegas anggota Komisi II DPR RI ini.

Markus Junianto Sihaloho/FER

Skip Comments

Add new comment

Back to Top